Minggu, 06 Oktober 2013

Hanya Kepada Allah Tempat Bergantung Segala Sesuatu


Kemarin sore, saya sudah merencanakan kalau hari ini  saya akan menjenguk seorang teman yang sakit. Tapi malamnya ternyata saya baru ingat kalau saya sudah ada janji dengan 2 orang teman yang lain untuk bertemu hari ini. Jadi malamnya, saya rencanakan pagi ini bertemu kedua teman saya pukul 8 pagi dan  pukul 11 siang saya baru menjenguk teman saya yang sakit. Tapi, berhubung  pekerjaan di rumah selesai pukul 10, jadi saya bertemu dengan kedua teman saya itu pukul 10 pagi dan berencana menjenguk teman yang sakit pukul 2 siang... Dan tepat pukul 2 siang kedua teman saya pulang. Diluar dugaan, ternyata ada pekerjaan yang harus saya selesaikan hari ini,  dan saya mengerjakan tugas tersebut samapi pukul 6 sore. Akhirnya saya membatalkan rencana menjenguk teman hari ini...

Pelajaran yang saya dapatkan dari kejadian hari ini... Manusia hanya bisa berencana Tuhan lah yang menentukan. Perencanaan sederhana seperti itupun tidak bisa terealisasi tanpa seizinNya. Apalagi perencanaan yang lebih serius, lebih kompleks... Sebut saja Menikah, memiliki anak, sampai nanti kita berpulang ke tempatNya. Sesungguhnya, tidak ada satupun perkara di dunia ini yang terjadi tanpa seizinNya.. Subhanallah... Lalu apa yang harus kita sedihkan, ketika perencanaan kita gagal??? Toh memang bukan kita yang menentukan hasilnya. Justru karena kita tahu porsi kita hanya berikhtiar, merencanakan dan berbuat sebaik mungkin, jadi apapun hasilnya kita harus bisa menereima dengan hati penuh kerelaan, karena itulah jalanNya, itulah yang terbaik menurutNya.. Syukur Alhamdulillah jika yang kita rencanakan dan lakukan mendapatkan hasil yang baik, sesuai dengan yang kita harapkan.. Jika tidak maka bersabarlah dan selalu berbaik sangka terhadap ketentuan Allah SWT.

Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia". (QS: Al. Ikhlas 1-4)

Maha benar Allah dengan segala firmanNya... 

Semoga bermanfaat.. ^^”

2 komentar:

Tapaki blog ini, jangan lupa tinggalkan jejak.. ^^"....