Sabtu, 03 Maret 2012

sosok "Hasanain Juaini"

Bapak Hasanain Juaini, sosok inspiratif dari pulau lombok. yang membuat saya sebagai pemuda lombok benar - benar kagum dan merasa bersemangat untuk membuat "sesuatu" untuk pulau tercinta ini..


Lahir dan besar di lingkungan pondok pesantren, tidak menjadikan seseorang kyai bernama Hasanain Juaini ter-kooptasi dengan lingkungan sekitarnya. Ayahnya almarhum adalah pendiri Pondok Pesantren Nurul Haramain, pada tahun 1952 di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Lombok. Presantren yang pada awalnya dibangun dengan cara tradisional, oleh Hasanain kemudian dikembangkan dengan cara yang lebih modern. Hasanain mampu merubah paradigma nilai ke-agamaan yang kental dari balik tembok pondok pesantren, menjadi lembaga pendidikan yang berbasis lingkungan dan teknologi. Jika sebelumnya di tahun 1992, Pondok Pesantren Nurul Haramain hanya diperuntukkan bagi kaum laki-laki, berpedoman amanat yang diberikan oleh sang ibunda, pada tahun 2006 Hasanain membangun Pondok Pesantren Nurul Haramain Putri. Dalam mendidik murid-muridnya, Hasanain mengaku tidak membeda-bedakan antara santri putra dan putri. Selain sekitar 500 santri putra, saat ini jumlah semua santriwati Madrasah Tsanawiyah (Mts) dan Madrasah Aliyah (Ma) sebanyak 554 orang. Hasanain tak hanya melakukan sosialisasi dan advokasi tentang kesetaraan gender dan pengembangan kreativitas, di pondok pesantrennya, ia juga mengajarkan tentang sikap saling menghargai dalam perbedaan. Hasanain yang sejak 4 tahun lalu dipercaya menjabat Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, inipun menganggap kearifan terhadap lingkungan sudah diatur dalam Al Quran. Dari dorongan itulah, Hasanain tergerak untuk menyosialisasikan semangat cinta lingkungan, yang ia tularkan kepada santri dan warga sekitar pesantren. Salah satu usahnya, untuk mengembalikan fungsi alam, pada tahun 2003, ia membeli lahan tandus seluas 36 hektar dan di sulapnya menjadi kawasan konservasi hutan yang ia namai Desa Madani. Tak heran, bila penghargaan Ashoka International, ia dapatkan karena Hasanain telah membuat terobosan inovasi dalam persoalan sosial, pluralisme dan perspektif gender di pondok pesantren dan kehidupan Islam. Dan penghargaan Piagam Pelesatari Lingkungan dari Bupati Lombok Barat karena konsistensinya terhadap kegiatan konservasi hutan dan air di tahun berikutnya. Kini, setelah lebih dari 15 tahun ia meneggakkan prinsip man jadda wa jadda, melalui pendidikan untuk para santri dan santriwatinya, beberapa apresiasi pun ia dapatkan. Seperti Maarif Award tahun 2008, dan Ramon Magsaysay pada tahun 2011.(www.kickandy.com)..

Ehemmm... hhmmm... -,-"

Awalnya saya sama sekali tidak mengenal sosok Hasanain Juini, walaupun beliau ini adalah orang asli pulau lombok...


Ini memang salah saya, yang tidak "peka" dengan hal - hal di sekitar saya... (terllu banyak didunia maya)... hihihii/// ^,^"

Ya.. ketika saya sedang berbincang dengan seorang teman (katkanlah begitu) via telepon... memberi tahu saya kalau ada sosok inspiratif dari lombok yang akan hadir di acara 'K!ck Andy'.. Dan saya sebagai salah satu penonton setia acara ini, (penonton setia siaran ulangnya setiap hari minggu..).. hehehehe... karena acara ini terlalu malam tayangnya untuk anak sepolos saya............hahahaha

Lupakan itu...

Ada bebarapa point yg membuat saya tertegun dengan sosok "Hasanain Juaini"...  bahasa gaulx (yg sering sy gunakan) adalah  beliau itu "cowok banget"... bagaimana tidak... Dari wawancara beliau dalam acara 'Kick andy' semalam. saya sebagai seorang wanita kesemsem di buatnya...

bukan berarti naksir ya... bahasa yg tepat mungkin 'terpukau'..

Cerita yang paling membuat saya terharu.. hiks.. T,T"

itu adalah kisah Ayahanda beliau yang setia banget sama sang Istri.. Di saat sang istri sakit (stroke), beliau setia mendampinginya... kemudian saat sang istri mempersilahkan beliau untuk menikah lagi.. beliau memilih tetap setia.. dan kata - katanya itu lho... kira - kira begini...

"ketika kau sehat aku setia padamu, dan aku juga akan lebih setia saat kau dalam keadaan sakit sperti ini... Dan aku akan membuktikan kau tidak salah memilih aku sebagai suamimu.."


Aiiiiisssshhhhhhhhhhhheeerrreeehh... paleng saya denger kalimat ini... (lebay.com)...

Tapi bener deh, cowok kayak gitu seribu satu kayaknya...eh salah... cuma 1 diantara seribu...  (saya mau dong yg satu itu)...hehehehehe...

Well.. bukan itu saja, ada satu permintaan Ibunda Bapak Hasanain yang beliau tunaikan saat ini... yaitu membuat PonPes khusus untuk akhwat (wanita)... Ini membuat saya agree banget sama pemikiran Bapak satu ini... karena ini juga yang menjadi landasan pemikiran saya selama ini....

"Ibu itu Madrasatul ula untuk anak - anaknya"... jadi seorang ibu rumah tangga pun harus mempunyai wawasan yang luas, tidak hanya pendidikan formal saja, tapi pengetahuan umum dan agama tentunya... nggak ada alasan bagi seorang wanita yang bercita - cita sebagai ibu rumah tangga untuk stop belajar... harus terus dan terus belajar... walaupun sekolah formal cuma sebatas SMA, tapi belajar tetap harus berlanjut... (nyindir diri sendiri... )...
Yach... Dan..  Bapak Hasanain sosok laki - laki yang mendukung itu... saya SUKKA.. ^,^"...

Dan buat kita yang suka mengharapkan pemberian orang lain... harus mendengar kalimat Bpk hasanain yang satu ini, yang beliau daptkan dari kiai beliau...

begini kira - kira kalimatnya.,,
" kalau kau mendaptkan bantuan dari seseorang, jangan pernah bangga dengan pemberian itu... Kamu harus membuat pemberian itu menjadi 5%"... Dan itu yang membuat beliau, tidak bisa berhenti bekerja... karena belaiu harus membuat setiap sumbangan bernilai hanya 5%... kereeennn ...

Yaaaa.... saya ngfans banget sama Bapak ini... "Gue banget"... hehehehe... Tapi, Bapak Hasanain juga membuat saya semakain bangga menjadi umat Rasulullah SAW...


"Man Jadda wa Jadda"
"Siapa yang bersungguh sungguh pasti berhasil"

^,^"....................

well... saya ucapkan terimakasih buat teman saya yang tanpa sengaja memperkenalkan saya dengan sosok Inspiratif dari pulau saya sendiri... (anak negeri yang anneh... sosok inspiartif di pulau sendiri saja nggak kenal)... ya... saya harus lebih peka...

Oh ya... posting di atas banyak mengandung kata "kira-kira".. maklum daya ingat saya kurang tajam... jadi takut mengundangn kata pasti.. So... maklumin ya... ^,^"///...

semoga bermanfaat...
Dadadadahh...

7 komentar:

  1. kira-kira si bapak ini motong rambutnya dimana yah? klimis abis hahaha <= contoh comment menyimpang

    overall, si bapak ini inspiratif, tapi gue tetep gak kenal hehe

    BalasHapus
  2. hahaha...

    ya, setidaknya loe kn tau profil singkatx lah... gmna lombok keren kn???

    HIDUP LOMBOK... ^0^_

    BalasHapus
  3. Pribadi yang sangat menakjubkan..terima kasih sudah upload artikel ini

    BalasHapus
  4. terimakasih juga pak... sudah psoting artikel ini dblog bpk... terimakasiiihh banget... ^,^"...

    salam blogger... (mohon sharing ilmunya pak.. )...

    BalasHapus
  5. Sungguh Luar biasa ne bapak... hehehe

    BalasHapus
  6. ntar pasang artikel tentang sy juga vy... wakawaka.... sy juga gak tahu ne ada bapak keren dari Lombok... pak, pak.. punya anak cowok gak??? tanyain ke diaya vy...

    BalasHapus

Tapaki blog ini, jangan lupa tinggalkan jejak.. ^^"....