Rabu, 04 April 2012

pelajaran dari sebuah perjalanan..^^"

Perjalanan bulan kemarin ke mataram, benar - benar memberi pelajaran berharga buat gw...

Hmm... 

Biasanya, setelah pekerjaan gw selesai di kantor Astra Mataram gw langsung balik. Nggak pernah deh kepikiran buat main atau jalan - jalan, even sekedar menikmati susana Kota Mataram.. (Gw cuman tahu Mataram tu penuh sesak dengan seliweran motor dan mobil yang bikin pusing).. Just that..

Tapi hari ini berbeda, gw nggak bisa langsung pulang. Gw harus nungguin seseorang, buat ngebahas satu kerjaan... Dan beliau masih di luar. Nah,  beliau ini baliknya 1 jaman lagi..(Itu yang Bapak kepala TSD bilang ke gw)..

Kebayang dah gw bakalan gigit jari selama satu jam di kantor cuman buat nungguin mbak Ayu yang gw sendiri nggak tahu orangnya yang mana…

Ini baru jam 11.13 siang... Bapak kepala TSD yang tadinya sempet nemenin gw ngobrol sambil nungguin mbak Ayu, udah kembali ke ruangannya,.. We,  gw sendiri lagi… Gw iseng kirim sms ke temen gw (katakanlah begitu) buat ngasi kabar kalo sekarang gw lagi di Mataram....hohohoho… so sweet.

hehehehe..(ini pertama kalinya gw ngasi kabar semacam ini).. yah, sebelumnya gw nggak pernah kayak gini, ini lebih karena gw emang nggak ada kerjaan aja.... seriusss..

Nah, baru 15 menit duduk, gw udah kayak cacing kepanasan, kaki goyang goyang, mulut komat kamit, mata lirik kanan kiri, kepala noleh ke kanan ke kiri… #nggak jelas…

Secara gw emang dari sononnya nggak bisa diem, jadi wajarlah lima belas menit duduk udah ngerasa kayak lima belas tahun… Dan, emang gw paling nggak suka nunggu… Mungkin semua orang kali ya…???

Nah, dari pada waktu 1 jam gw habis tanpa hasil, gw putusin buat manfaatin waktu 1 jam ini buat ngebeli bahan - bahan untuk bisnis mandiri gw yang baru berjalan beberapa bulan terakhir... (bisnis pa ini??? )... Ntar gw ceritain di posting "entepreneur sill alive #part2".. hehehe

Nah... karena jarak kantor dengan toko tempat gw beli bahan - bahan itu lumayan agak jauh, jadi sampai di sana azan zuhur sudah berkumandang...

Sebelum sampai ke toko yang terletak di depan pasar atas cakra itu.. Gw lebih dulu masuk ke sebuah masjid..(masih di area pasar atas)... Bisa di katakan ini masjid langganan gw kalau singgah sholat di Mataram...

kenapa???
karena di sini banyak ibu - ibunya...

Lho????

Ya...banyak ibu - ibu yang sholat di sini, yang gw nggak bisa temuin di beberapa masjid yang pernah gw singgahin di Mataram, cuman di sini banyak ibu – ibunya. Ibu – ibu ini tidak lain dan tidak bukan adalah saudagar di pasar atas cakra.. hehehe…Jadi wajarlah, kalau mereka sholat di sini... Dan itu yang gw sukkkkaa... ^^"

Sebenarnya kondisi masjid ini bagus, tapi fasilitas umumnya yang  menurut gw kurang…

Kalu gw bilang sih, mending nggak usah ada mukena umumnya deh, dari pada sama sekali nggak bisa kepake… Mukenanya udah robek, rada item dan satu lagi baunya yang apppeeekkk....  #Hiks... (ini tugas gw juga sih, kalau numpang sholat, seenggaknya bawa mukena sendiri terus tinggalin mukenanya, biar bisa dimanfaatkan sebagai mukena umum yang layak pakai) ...  #maaf

Yah… gw emang nggak pernah bawa mukena di dalam tas ‘labi bag’ gw… kenapa???
Karena gw selalu lupa bawa… #gubraks…

Semntara Ibu - ibu di sini, semua bawa mukena sendiri, atau minjem mukena temennya.... Sekarang  gw?????? gimana nasib gw????

HHmm... Berhubung ustadz gw dmadrasah dulu sering ngajarin gw tentang perlunya bersukur, jadi gw bersukur aja, dan pasrah buat pakai mukena umum yang ada..(emang nggak ada yang lain).. Secara gw nggak kenal satu pun ibu -ibu di sini, jadi gw nggak enak buat minjem... Baru kenal aja gw tensin kalau harus minjem, apalagi nggak kenal... (gengsi tingkat kabupaten)... ^^"

Nah, setelah selesai sholat dan berdo’a cepat - cepat gw buka mukenanya, karena nggak tahan ma apeknya... (maafkan saya ya Allah)...T,T"

Sebelum melanjutkan perjalanan gw pasang jaket, helm dan sepatu tentunya… Nah, saat gw lagi pasang sepatu (lebih tepatnya, lagi pasang kaos kaki), karena sepatu gw cuman tinggal dislopin aja.. Gw nggak enak ngomognya,

"pasang kaos kaki''... (eh tapi gw omongin ya???)... hahahahaha.... 

Yah... saat itu gw ngeliat ada seorang nenek tua yang sepintas gw kirain orang gila…(maaf ya nek..)^^”..
 dengan baju 'khas nenek' warna merah dan sarung yang lusuh, rambut di ikat atas 'berantakan', nenek itu memegang tongkat dan tas keranjang  lecek yang kalo gw lihat nggak ada isinya, alias kosong…

(gw belum sempat bongkar-bongkar sih)… #nggak enak ma nenek… hehehe..

Gw perhatikan, si nenek itu, dari mulai masuk masjid, sampai duduk di teras masjid terus saja bergumam tapi sedikit merintih atau mengeluh.. #Entahlah.. (ini yang buat gw berpikir si nenek orang gila) selain emang secara fisik agak tidak terurus.. 

Sepintas gw denger gumaman  nenek itu, kalau gw translatekan dari bahasa sasak ke Indonesia tu begini :

“ Ya Tuhan.. berikan aku kesehatan.. aku berjanji akan lebih rajin beribadah… sakiiit… sakiiit sekali… Saya sudah tidak kuat.. Ya.. Tuhan… sembuhkan penyakit saya, saya berjanji akan lebih rajin lagi beribadah…huuuhh..adduuhh “....

(kira - kira begitu)...^^"..

Gw sebenernya penasaran si nenek sakit apa??? Kok sakit masih bisa jalan - jalan?? Tapi gw nggak enak nanyaknya...

Hmmm... yah.. gw masih memperhatikan si nenek...

Sesekali nenek itu melafazkan sholawat, dan mengajak orang yang ada di sana untuk sholat berjama’ah dengannya… Sambil terus merintih sakit, dan memohon di sembuhkan oleh Allah SWT…(Gw nggak tega ngeliatnya)

Setelah itu gw nggak tau lagi apa yang terjadi dengan si nenek, karena gw buru – buru keluar dari masjid… dan nggak enak juga kalau gw nontonin nenek itu… (nggak ada kerjaan banget kan??),,,

@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

Hmmm… Inilah yang menjadi pelajaran berharga buat gw…

“Waktu adalah uang”…. “Time is Money”…

Jangan sampai kita menyesal ketika waktu itu sudah pergi.. Karena waktu nggak bisa balik lagi…
Waktu sehat, waktu kaya, waktu lapang, waktu muda, dan waktu hidup…

hhmm...

Ingat 5 perkara sebelum 5 perkara…
sehat sebelum sakit
Kaya sebelum miskin
Sempat sebelum sempit
Muda sebelum tua, dan
Hidup sebelum mati…

Allah membrikan gw gambaran yang sangat jelas,. ketika memprtemukan gw dengan si Nenek... seolah - olah Allah lagi berbicara..
"Vi, jangan sampe loe kayak gitu ntar tuanya.. Mulai dari sekarang loe jangan males - males buat ibadah, jangan karena alasan ngantuk atau kecapean, loe telat ibadah wajib dan ninggalin ibadah sunnah... Sebelum waktu muda loe habis cepatlah kejar mimpi loe, jangan menunda nunda pekerjaan,dan terus bersyukur jangan mengeluh"

Astagfirullah... Ini pelajaran berharga.. berharga banget buat gw sendiri...

perasaan gw campur aduk inget kejadian itu, yang jelas gw merasa beruntung bisa bertemu dengan Nenek itu..

Semoga bermanfaat kawan... !!! ^^"




3 komentar:

  1. tanyain ma nenek tu dya sakit apa ???

    kunjungi balik yo !!!!
    (http://spoobath.blogspot.com )

    BalasHapus
  2. Inspiratif akhir ceritanya. Stop procrastinating things from now on!

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo bisa dselesaikan sekarang, knapa nunggu besok kn ya????? Makasi fi.. kunjungannya... ^^"

      Hapus

Tapaki blog ini, jangan lupa tinggalkan jejak.. ^^"....